BAGAIMANA MENGHASILKAN SOAL YANG BERKUALITAS : BAGAIMANA MENGHASILKAN SOAL YANG BERKUALITAS DIRANCANG DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH: - TENTUKAN KEMAMPUAN-KEMAMPUAN YANG HENDAK DIUKUR - TENTUKAN JUMLAH SOAL YANG HENDAK DISUSUN - TENTUKAN BENTUK SOAL - TENTUKAN WAKTU TES (KAPAN & BERAPA LAMA) - RUMUSKAN INDIKATOR DARI MATERI YANG DIPILIH DIRUMUSKAN SOALNYA DENGAN BAIK: - SESUAI / TIDAK MENYIMPANG DARI INDIKATOR - ATAS DASAR KONSEP ILMU YANG BENAR - MENGIKUTI KAIDAH-KAIDAH PENULISAN SOAL - MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SINGKAT, JELAS, TEGAS - MENGGUNAKAN PENGECOH YANG HOMOGEN / LOGIS DITELAAH / DIREVISI OLEH ORANG LAIN YANG MENGUASAI: - MATERI YANG DIUJIKAN - KONSTRUKSI TES - BAHASA INDONESIA 4. DIANALISIS ?DIPEROLEH INFORMASI TENTANG SOAL YANG BERKUALITAS / KURANG BERKUALITAS
PENYUSUNAN KISI-KISI : Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi / kriteria yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis / merakit tes Kisi-kisi disusun berdasar tujuan penggunaan tes Melalui kisi-kisi dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal
PENGERTIAN TES : adalah himpunan pertanyaan yang harus dijawab, atau pernyataan yang harus dipilih / ditanggapi, atau tugas- tugas yang harus dilakukan oleh orang yang dites (testee) dengan tujuan mengukur suatu aspek (perilaku) tertentu dari testee Tes mengukur tingkat kemampuan siswa dalam menguasai bahan pelajaran yang telah diajarkan kepadanya
KEGUNAAN KISI-KISI : KEGUNAAN KISI-KISI Pedoman dalam penulisan soal hingga menghasilkan soal sesuai dengan tujuan tes Pedoman dalam perakitan butir soal hingga terhimpun menjadi perangkat tes yang siap digunakan Kisi-kisi yang baik akan dapat menghasilkan perangkat soal yang baik pula
SYARAT-SYARAT KISI : Mewakili isi kurikulum yang diujikan Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan
KOMPONEN KISI-KISI : Komponen identitas Jenjang pendidikan Program / jurusan Mata pelajaran Kurikulum yang diacu Alokasi waktu Jumlah soal Bentuk soal
KOMPETENSI( LEARNING OUTCOME = ATTAINMENT TARGET ) : Aspek kemampuan yang harus dikuasai siswa setelah mempelajari bahan kajian tertentu Kompetensi yang dikuasai hendaknya merupakan perpaduan kemampuan, baik dari segi pengetahuan + pengalaman + kreasi pengembangannya
MATERI : MATERI Uraian materi dari soal yang hendak disusun Uraian materi disusun oleh penulis kisi-kisi Uraian materi dapat dirumuskan secara spesifik atau umum
INDIKATOR : INDIKATOR Suatu rumusan tingkah laku yang dapat diamati sebagai pertanda atau indikasi tujuan pembelajaran (kompetensi dasar) sudah dikuasai oleh siswa Suatu rumusan yang menggunakan kata kerja operasional yang memuat perilaku siswa dan materi yang akan diukur sesuai dengan materi terpilih Rumusan indikator harus dapat diukur dan menggambarkan tingkat kemampuan siswa dari suatu topik bahasan
KRITERIA INDIKATOR : KRITERIA INDIKATOR Memuat ciri-ciri perilaku yang terdapat pada tujuan pembelajaran Memuat tingkat atau level pengetahuan dalam rumusan kata kerja operasional Berkaitan dengan uraian materi, pokok bahasan / tema / konsep Dapat disusun soalnya
FORMAT KISI-KISI Jenjang Pendidikan : Mata Pelajaran :Acuan :Alokasi waktu :Jumlah soal :Bentuk soal : Penulis : Unit Kerja :
0 comments:
Post a Comment