Test Keyboard laptop dan pc yang rusak Test Keyboard laptop dan pc yang rusak ~ Sebuah data yang saya tulis dan saya peroleh, semoga bisa dimanfaatkan oleh pembaca semua

Slideshow

Monday, March 11, 2013

Test Keyboard laptop dan pc yang rusak

Menganalisa Keyboard Laptop Tidak Berfungsi/Rusak.  Beberapa waktu yang lalu saya menemukan kasus laptop selalu berbunyi beep sebelum laptop tersebut dinyalakan, dengan melihat kebiasaan kalau di PC kalau muncul bunyi beep seperti kasus laptop ini adalah kerusakan pada memori (RAM) namun saya cek RAM laptop tersebut ternyata masih bagus, saya cek harddisk juga tidak terdapat masalah.



Menganalisa Keyboard Laptop Tidak Berfungsi/Rusak
Software Mask Keyboard Test

Dengan agak kebingunga saya coba hidupkan laptop tersebut, karena laptop tersebut masih bias menjalan Windows walau pada saat menjalankan BIOS terdapat bunyi namun setelah ditekan enter beberapa kali Laptop dapat nyala dengan normal dan bunyi beep pun tidak ada lagi.

Kok aneh saya rasa berarti tidak ada kerusakan hardware kalau laptop masih bisa nyala dengan normal, namun ada sedikit yang menjadi ganjalan tombol Start Menu selalu berkedip-kedip seperti ada yang menekan keyboard (ESC). Saya klik start menu seperti muncul namun tenggelam lagi begitu seterusnya namun apabila ditekan enter masalah tersebut pun dapat teratasi.

Dari analisa saya di atas saya berkesimpulan pasti kerusakan ada pada keyboard laptop tersebut, saya teringat saya baru saja menemukan software untuk mengecek keyboard laptop atau juga keyboard computer, software tersebut adalah PassMark Keyboard Test.

PassMark Keyboard Test berfungsi untuk mengetahui tombol keyboard laptop / pc mana saja yang tidak berfungsi atau bahkan selalu menekan walau anda tidak menekan tombol tersebut.

Saya coba jalankan software keyboard test tersebut yang hanya berukuran mini dan kebetulan punya saya adalah versi yang portable jadi tidak perlu install langsung bisa jalan. Saya coba tekan satu persatu semua tombol yang ada di keyboard. Eh ternyata memang benar ada salah satu keyboard yang bermasalah.

Saya coba lihat dengan lebih teliti ternyata memang benar ada satu keyboard laptop tersebut yang tenggelam namun kalau tidak dilihat secara teliti memang tidak begitu terlihat setelah saya buka tombol tersebut, saya bersihkan bagian-bagian yang agak kotor dan pasang kembali dengan semestinya. Alhamdulillah masalah pun teratasi.

Nah bagi Anda yang mempunya masalah yang sama, anda juga bisa menganalisa kerusakan tombol keyboard laptop / pc kalian dengan software tersebut.
Silahkan download aplikasi disini

3 comments:

nice share gan.
ane juga baru tahu ada sw ginian.
good job :)
~but i hate comment capcai, hehehehe

nice share gan.
ane juga baru tahu ada sw ginian.
good job :)
~but i hate comment capcai, hehehehe

makasih banyak infonya gan,ijin download ya