Materi Ecommers Materi Ecommers ~ Sebuah data yang saya tulis dan saya peroleh, semoga bisa dimanfaatkan oleh pembaca semua

Slideshow

Sunday, April 1, 2012

Materi Ecommers


Materi e-commers merupakan materi perkuliahan yaitu materi teori. Materi ini harus ditempuh sampai selesai, walaupun hanya materi teori. Paling tidak materi ini untuk memberi wacana bagi seseorang untuk melakukan usaha melalui elektronik, yaitu melalui media internet. Nah, selain hanya teori paling tidak mahasiswa juga berupaya untuk membuat web mengenai e-commers ini. Pembuatan web ini dilakukan dirumah, dalam pembuatan web bisa menggunakan fasilitas web gratis atau berbayar. Siapa tahu ke depannya bisa menjadi mata pencaharian anda semua. E........kok malah ngelantur.
Daripada ngelantur kemana-mana lebih baik ngomongin materi aja deh. Pada minggu ke dua kuliah e-commers, materinya adalah sebagai berikut...
Keuntungan E-Commerce
Keuntungan-keuntungan e-Commerce beraneka ragam dibagi berdasarkan pihak yang diuntungkan, seperti di uraikan berikut ini

  1. Untuk Organisasi
  2. Untuk Pelanggan
  3. Untuk Masyarakat

Keuntungan E-Commerce untuk organisasi

  1. Memperluas pasar perusahaan ke pasar nasional bahkan internasional
  2. Memungkinkan perusahaan untuk memperoleh barang atau layanan dari perusahaan lain secara cepat dengan biaya yang minimal
  3. Mempersingkat atau mengurangi jalur distribusi pasar (marketing distribution channel). Barang jadi lebih murah dan keuntungan menjadi lebih tinggi
  4. Mengurangi (sebanyak 90%) biaya pembuatan, proses, penyaluran, penyimpanan, dan mendapatkan informasi dengan adanya proses digital
  5. Dapat mengurangi inventori barang dengan memfasilitasi pull-type supply chain management. Ini memungkinkan modifikasi produk dan mengurangi biaya inventori.
  6. Membantu bisnis kecil untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar

Keuntungan E-Commerce untuk pelanggan
  1. Menyediakan produk-produk dan layanan yang tidak mahal dengan memungkinkan konsumen untuk melakukan perbandingan secara online
  2. Memberikan konsumen lebih banyak pilihan. Memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi dalam 24 jam sehari, hampir di mana saja
  3. Memberikan informasi yang relevan dalam hitungan detik
  4. Memungkinkan konsumen untuk mendapatkan produk yang dapat dimodifikasi dengan harga yang bersaing
  5. Memungkikan bagi orang untuk bekerja dan belajar di rumah
  6. Memungkinkan lelang secara elektronik
  7. Memungkinkan konsumen untuk berinteraksi pada komunitas elektronik dan untuk bertukar pikiran dan membandingkan pengalaman
Keuntungan E-Commerce untuk masyarakat
  1. Memungkinkan tiap individu untuk bekerja di rumah dan mengurangi berpergian, sehingga mengurangi kepadatan jalan raya, polusi udara
  2. Memungkinkan barang-barang dijual dengan harga yang rendah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat
  3. Memungkinkan orang untuk membangun negara dan daerah-daerah desa untuk menikmat produk-produk dan layanan yang tidak ada jika tidak melalui e-commerce. Hal ini termasuk kesempatan untuk mempelajarai profesi dan memperoleh gelar sekolah atau untuk mendapatkan perawatan kesehatan
  4. Memfasilitasi pemberian pelayanan umum, hal ini mengurangi biaya distribusi dan kesempatan terjadinya penipuan,serta meningkatkan kualitas layanan sosial, kerja polisi, layanan kesehatan dan pendidikan
Batasan dan Kegagalan E-Commerce
Disamping keuntungan-keuntungan, e-commerce juga memiliki batasan atau kekurangan-kekurangan, sebagai berikut
  • Batasan Teknis
  • Batasan Non Teknis
Batasan Teknis
  1. Kurangnya pengakuan standar secara universal untuk kualitas, keamanan dan kehandalan.
  2. Bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi.
  3. Masih melibatkan tools pengembangan perangkat lunak.
  4. Kesulitan dalam mengintegrasikan Internet dan perangkat lunak ecommerce dengan aplikasi-aplikasi lain dan basis data.
  5. Memerlukan web server khusus sebagai tambahan untuk server jaringan.
  6. Mahal dan ketidaknyamanan akses internet untuk pengguna.

Batasan Non Teknis

  1. Permasalahan legal yang tidak terpecahkan.
  2. Kurangnya peraturan pemerintah dan standar industri nasional maupun internasional.
  3. Kurangnya metodologi yang mapan untuk menjamin penyesuaian dan keuntungan dari e-commerce.
  4. Banyak penjual dan pembeli menunggu e-commerce stabil, sebelum mereka terlibat di dalamnya.
  5. Penolakan pelanggan untuk berubah dari toko nyata secara fisik menjadi toko virtual. Orang belum begitu percaya terhadap transaksi tanpa tatap muka secara langsung.
  6. Persepsi bahwa e-commerce mahal dan tidak aman.
  7. Jumlah penjual dan pembeli yang tidak mencukupi untuk keuntungan operasi e-commerce
Aplikasi Business-to-Consumer (B2C)
Aplikasi Business-to-Consumer adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan transaksi antara suatu organisasi dengan konsumen. Ada beberapa aplikasi business - to - consumer yaitu
  • Perdagangan Elektronik, Toko dan Mall
  • Industri Layanan Online
Perdagangan Elektronik, Toko dan Mall
Perdagangan Elektronik adalah penjualan langsung produk atau layanan melalui toko elektronik, mall elektronik yang biasanya dirancang dengan katalog elektronik dan atau pelelangan elektronik. E-commerce memungkikan konsumen untuk membeli barang dari rumah dalam waktu 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dengan menawarkan berbagai macam jenis barang dan layanan termasuk barang yang sangat unik, dan biasanya dengan harga yang sangat rendah
Perbedaan Elektronik, Toko dan Mall
  • Toko Elektronik (Electronic Storefronts)
Toko elektronik dapat merupakan perluasan dari toko fisik yang melayani pembelian barang atau layanan secara elektronik. Layanan yang biasanya diperdagangkan pada toko elektronik adalah layanan perjalanan (traveling), electronic banking, asuransi, pencarian pekerjaan dan lain sebagainya.
  • Mall Elektronik (Electronic Malls)
Mall elektronik yang juga dikenal dengan nama cybermall atau e-mall, adalah kumpulan toko-toko pada suatu alamat internet. Tujuan utama dari mall elektronik adalah sama dengan mall biasa pada umumnya yaitu menyediakan tempat perbelanjaan yang menawarkan berbagai macam produk atau layanan. Setiap mall elektronik dapat terdiri dari banyak perusahaan

Permasalahan pada Perdagangan Elektronik (Issues in etailing)
Permasalahan-permasalahan yang terdapat pada perdangan elektronik adalah :
  1. Channel Conflict
  2. Order Fulfillment
  3. Konflik dalam organisasi Click-and-mortar
  4. Kurangnya dana
Channel Conflict
Untuk perusahaan jenis click-and-mortar, maka akan terjadi konflik antara penyalur biasa (toko fisik) dan penjualan secara online (toko elektronik).
Order Fulfillment
Perdagangan elektronik mengalami kesulitan untuk mengirimkan barang dengan jumlah yang sangat sedikit ke banyak pembeli, sebab hal ini dapat mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Kemampuan pedagang elektronik untuk berhasil Kebanyakan toko yang melaksanakan perdagangan murni secara elektronik saja tidak dapat bertahan. Perusahaan dalam hal ini mengalami permasalahan dengan hal mendapatkan pelanggan, pemenuhan pesanan dan peramalan permintaan

Konflik dalam organisasi Click-and-mortar
Suatu perusahaan yang melakukan penjualan juga secara online untuk mendukung tokonya, akan mengalami konflik dengan operasi yang telah ada. Konflik dapat terjadi di bagian harga, alokasi sumber dana dan lain sebagainya

Kurangnya dana

Model atau cara menghasilkan pendapatan yang tidak benar. Contohnya : banyak perusahan dot com yang menghasilkan pendapatan melalui iklan. Model atau cara ini tidak benar, karena terlalu banyak perusahaan dot com bersaing diantara sedikit iklan

0 comments: