Materi Grafika Komputer minggu 2 Materi Grafika Komputer minggu 2 ~ Sebuah data yang saya tulis dan saya peroleh, semoga bisa dimanfaatkan oleh pembaca semua

Slideshow

Sunday, April 1, 2012

Materi Grafika Komputer minggu 2

Setelah melihat materi yang diberikan minggu pertama, ternyata dipertemuan ke dua yaitu minggu ke dua materinya mengenai algoritma..... Wah... PASSSSTIIII agak sulit nich... karena algoritma dalam materi Grafika Komputer ada Algoritma DDA dan Algoritma Bressenham.. Kira apa ya yang dimaksud dengan materi Algoritma DDA dan Algoritma Bressenham ini. Yuk sebelum kita masuk ke soal, lebih baik kita baca apa yang dimaksud dengan Algoritma DDA dan Algoritma Bressenham :

  • Algoritma DDA
Digital Diferensial Analyser (DDA) adalah algoritma pembentukan garis berdasarkan perhitungan dx maupun dy, menggunakan rumus dy = m . dx. Garis dibuat menggunakan dua endpoint, yaitu titik awal dan titik akhir. Setiap koordinat titik yang membentuk garis diperoleh dari perhitungan, kemudian dikonversikan menjadi nilai integer.

Langkah-langkah perhitungan Algoritma DDA sebagai berikut:
  1. Inputkan titik awal (x1, y1) dan titik akhir (x2, y2)
  2. Hitung dx dan dy dimana, dx = x2 – x1 dan dy = y2 – y1
  3. Jika |dx| > |dy| maka s = |dx|, selain itu s = |dy|
  4. Hitung absolut (Dx) dan absolut (Dy) serta steps (s)
  5. Hitung X_incrementnya = Dx/s dan Y_increment=Dy/s
  6. Hitung X1=X + X_increment dan Y1=Y+Y_increment
  7. Ulangi langkah 5 dan 6 sampai di titik akhir

Contoh soal Algoritma DDA

  • Diketahui 2 buah titik A(10,10) dan titik B(17,16) bila titik A sebagai titik awal dan titik B sebagai titik akhir, maka buatlah garis yang menghubungkan titik tersebut dengan menggunakan algoritma DDA
  • Jawab:
  1. Titik awal disebut A (10,10) dan titik akhir (17,16). Misal X1=10 dan X2=17 ; Y1=10 dan Y2=16
  2. Dx= X2-X1=17-10=7 ; Dy=Y2-Y1=16-10=6,
  3. Absolut (Dx) = 7 ; Absolut (Dy)=6
  4. Absolut (Dx)>absolut (Dy) maka steps = Absolut (Dx)=7
  5. X_increment=Dx/s = 7/7 =1 ; Y_increment=Dy/s=6/7=0,86
  6. X2=X1+X_icrement= 10 + 1 = 11 ; Y2=Y1+Y_increment= 10 + 0,86 = 10,86 = 11
  7. Ulangi langkah 5 dan 6 sehingga sampai titik akhir yaitu (17,16)
  • kalau dibuat tabel seperti ini
K
X
Y
X_incre
Y_incre
-
-
-
10
10
0
11
10,857
11
10
1
12
11,71
12
11
2
13
12,57
13
12
3
14
13,43
14
13
4
15
14,28
15
13
5
16
15,14
16
15
6
17
16
17
16
  • Algoritma Bressenham
Prosedur untuk menggambar kembali garis dengan membulatkan nilai x atau y ke bilangan integer memerlukan waktu. serta variabel x,y maupun m memerlukan bilangan real karena kemiringan merupakan nilai pecahan.Bressenham mengembangkan algoritma klasik yang lebih menarik, karena hanya menggunakan perhitungan matematik dengan bantuan bilangan integer. Dengan demikian tidak perlu membulatkan nilai posisi pixel setiap waktu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah-langkah perhitungan Algoritma Bressenham sebagai berikut:

Periksa Xa dan Xb
Contoh soal Algoritma Bressenhem
  • Diketahui 2 buah titik A(10,10) dan titik B(17,16) bila titik A sebagai titik awal dan titik B sebagai titik akhir, maka buatlah garis yang menghubungkan titik tersebut dengan menggunakan algoritma Bressenhem
  • Jawab:

Dx=abs(Xb-Xa)=abs(17-10)=7
Dy=abs(Yb-Ya)=abs(16-10)=6
P=2*Dy-Dx=2*6-7=5
twoDy=2*Dy=2*6=12
twoDyDx=2*(Dy-Dx)=2*(6-7)=-2
Periksa Xa dan Xb
Xa = 10 < Xb=17
Maka, X = Xa = 10
Y=Ya = 10
Xend = xa= 17
Ulangi selama x < xend
* K0:
x = x + 1 = 10 + 1 = 11
Periksa nilai p , dimana p = 5
y = y + 1 = 10 + 1 = 11
p = p + twodydx = 5 + (-2) = 3

* K1:
x = x + 1 = 11 + 1 = 12
Periksa nilai p, dimana p = 3
y = y +1 = 11 + 1 = 12
p = p + twodydx = 3 + (-2) = 1

* K2:
x = x + 1 = 12 + 1 = 13
Periksa nilai p, dimana p = 1
y = y +1 = 12 + 1 = 13
p = p + twodydx = 1 + (-2) = -1

* K3:
x = x + 1 = 13 + 1 = 14
Periksa nilai p, dimana p = -1
Nilai y tetap yaitu y=13
p = p + twody = (-1) + 12 = 11


* K4:
x = x + 1 = 14 + 1 = 15
Periksa nilai p, dimana p = 11
y = y +1 = 13 + 1 = 14
p = p + twodydx = 11 + (-2) = 9

* K5:
x = x + 1 = 15 + 1 = 16
Periksa nilai p, dimana p = 9
y = y +1 = 14 + 1 = 15
p = p + twodydx = 9 + (-2) = 7

* K6:
x = x + 1 = 16 + 1 = 17
Periksa nilai p, dimana p = 7
y = y +1 = 15 + 1 = 16
p = p + twodydx = 7 + (-2) = 5


K
Pk
(Xk+1,Yk+1)
-
-
10,10
0
3
11,11
1
1
12,12
2
-1
13,13
3
11
14,13
4
9
15,14
5
7
16,115
6
5
17,16

2 comments:

Silahkan.... semoga artikel diatas dapat membantu