Meningkatkan Pembelajaran Siswa melalui Tugas di Google Classroom Meningkatkan Pembelajaran Siswa melalui Tugas di Google Classroom ~ Sebuah data yang saya tulis dan saya peroleh, semoga bisa dimanfaatkan oleh pembaca semua

Slideshow

Friday, August 21, 2015

Meningkatkan Pembelajaran Siswa melalui Tugas di Google Classroom

Dengan adanya kurikulum 2013 banyak guru yang sibuk membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteer bangsa. Tugas guru selain menerangkan kepada siswa, guru juga harus menyusun tugas atau soal untuk ulangan. Dan juga guru memberikan fasilitas siswa untuk berdiskusi. Diskusi salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang baru dikeluarkan oleh google, yaitu google classroom.

Sebelum lebih jauh lagi mengenai classroom.google.com lebih baik kita lihat dulu video berikut ini.


Kelas adalah serangkaian alat produktivitas gratis yang meliputi Gmail, Drive, dan Dokumen, serta tersedia bagi pengguna Google Apps for Education.

Kelas dirancang untuk membantu pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa kertas, termasuk fitur yang menghemat waktu seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Dokumen secara otomatis bagi setiap siswa. Kelas juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur.

Siswa dapat melacak setiap tugas yang hampir mendekati batas waktu pengumpulan di laman Tugas, dan mulai mengerjakannya cukup dengan satu klik. Pengajar dapat melihat dengan cepat siapa saja yang belum menyelesaikan tugas, serta memberikan masukan dan nilai langsung di Kelas. 


(sumber: https://www.google.com/intl/id/edu/classroom/)

Nah sekarang bagaimana cara menggunakan kelas pada classroom.google.com?????????
Untuk memulai kilas kita harus memiliki email yang terdaftar di sutu sekolah yang telah mengaktifkan Google Apps for Education. Kali ini saya menggunakan kelas SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan Jawa Tengah.
Langsung saja kita lihat langkah-langkahnya berikut ini:
Pertama yang harus dilakukan adalah membuka alamat berikut ini:

https://classroom.google.com/

Selanjutnya masukan email atau user serta kata sandinya. kali ini saya menggunakan siswa@smkn1-purwodadi.net

langsung lihat gambar saja ya..... :)

langkah 1



 langkah 2


langkah 3


langkah 4


Nah sekarang tugas guru untuk pemberian tugas siswa bisa di setiap saat. Dan juga bisa menilai, mengembalikan tugas, mengetahui berapa yang sudah atau belum mengumpulkan tugas. Yang paling penting selain tugas yaitu DISKUSI kelompok

Untuk sekolah-sekolah yang belum ada classroom silahkan daftar. 

0 comments: